Selasa, 05 Mei 2015

KOPI LARONA GUNUNG DEMPO

( Kemasan Kopi Larona Gunung Dempo )

Blog ini membahas tentang proses pengolahan kopi , dari awal pemilihan biji kopi hingga pemasaran kopi larona gunung dempo . sebelum masuk ke proses pengolahan ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang kopi 
Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ektraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk.
Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: قهوة‎ qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagaimakanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

MANFAAT KOPI



Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit. Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).
Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.
Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.
Di dalam kopi terkandung kafein, yang merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%.

Proses Pengolahan Kopi Larona Gunung Dempo

  1. Pemilahan biji mentah 

                                                 bahan baku berasal dari daerah Semendo


      2. Proses sangrai biji kopi


                                            alat sangrai kopi , di putar menggunakan mesin


     3. Proses penurunan suhu kopi
                                           
                                                 proses pendinginan setelah di sangrai

    4. Proses penggilingan biji kopi




     
     5. Proses pengemasan kopi


                                                             pengemasan kopi bubuk

     

Kopi Larona Gunung Dempo Siap Dipasarkan





3 komentar: